Culinary

Cumi Masak Hitam

Hari selasa kemarin, lagi leyeh-leyeh depan tv, tiba-tiba Bunga temen barakku minta tolong bersihkan cumi. Bunga abis beli cumi sekitar setengah kilo buat malam tahun baruan. Ternyata dia jijik sendiri liat cumi seonggokan itu hehehe…Sebagai anak pulau yang sejak orok tiap hari liat macam-macam makanan laut, aku dengan dengan sigap bersihin cumi itu. Emang dasar rezeki anak sholehah, aku dikasih bagian kepala cumi karena Bunga gak doyan bagian kepalanya. Hmm…bikin masak hitam enak nih, batinku saat itu.

Tips membersihkan cumi:

– buang bagian tulang yang bentuknya seperti plastik transparan tipis, ini tinggal ditarik aja dari bagian badan cumi

– bersihkan bagian dalam perut cumi, kamu bakal takjub kalo menemukan ikan kecil yang masih utuh dari dalam perut cumi

– kalo akan dimasak cumi goreng tepung atau cumi asam manis, buang bagian kantong tinta yang terletak di bagian kepala cumi. Kalo akan dibuat cumi masak hitam, kantong tinta jangan dibuang ya…

Tadi siang tiba-tiba kangen masakan almh. Mamak, dan keinget masih punya kepala cumi di kulkas, jadilah turun ke dapur sejenak setelah seharian depan tv. Berikut resep hasil modifikasi aku, berdasarkan hasil ingatan waktu dulu sering bantu Mamak masak 🙂

Cumi Masak Hitam

Bahan: 

250gr Cumi segar, dibuang tulang & isi perutnya, dibersihkan & dipotong2 ukuran sedang (kantong tinta di kepala jangan dibuang)

5 siung bawang merah, iris halus

5 siung bawang putih, iris halus

1 ruas jahe, iris halus atau di keprok

1 ruas lengkuas, iris halus atau di keprok

½ ruas kunyit, iris halus

Merica & garam secukupnya, ulek hingga halus

Cabe rawit sesuai selera

Gula secukupnya

Minyak goreng untuk menumis

Air secukupnya

 Cara Memasak: 

1. Tumis bawang merah & bawang putih hingga wangi, masukkan irisan jahe, lengkuas & kunyit, aduk rata & jaga api sedang agar bawang tidak gosong.

2. Masukkan merica & garam yg sudah dihaluskan. Aduk rata.

3. Masukkan cumi & setengah bagian irisan cabe rawit, aduk rata. Biasanya cumi akan mengeluarkan air, bila dirasa kurang, bisa ditambahkan air secukupnya.

4. Masak hingga cumi matang dan tidak alot (sekitar 10-15 menit).

5. Angkat dan taburi dengan sisa irisan cabe rawit. Selamat mencoba ^_^

imageimage

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s