Traveling

Traveling Tanpa Ribet Dengan Oleh-oleh & Titipan

Yeaayy akhirnya cutiiii!!

Setelah kerja keras dengan deadline tender2 dan kontrak2 yang kudu beres di akhir tahun 2014, akhirnya tiba saatnya memberikan reward kepada diri sendiri, LIBURAN!.

Liburan kali ini spesial, karena pas dengan ulangtahun aku dan ke negara yang udah lama aku impikan: TURKI ^_^ Jauh-jauh hari udah kebayang aja gimana serunya di Turki, excited pengen ngerasain salju dan naik balon udara, wooowww gak sabaaaarr.

Lagi asik-asiknya menghayal, tiba-tiba ada email masuk dari pak bos supt.

subject: oleh-oleh Turki

“bingung euy mo milih oleh-oleh yang mana yaaa” 

*sambil melampirkan berbagai foto oleh-oleh khas Turki*

Aku baca email itu sambil nyengir aja trus abaikan, tanpa aku bales hihihi….

Sejak jadi anak coaching mamak, aku sudah terbiasa mengabaikan berbagai macam titipan dan oleh-oleh tiap kali liburan. Biasanya aku akan menolak dengan halus atau mengiyakan tapi tanpa janji harus dapat barang tersebut, agar yang nitip juga gak berharap banget dan aku gak feeling guilty kalo gak dapet. Tanya kenapa? Baca buku Money Therapy aja deeehh….Hasilnya? Aku lebih ENJOY menikmati perjalanan liburan.

The traveler was active; he went strenuously in search of people, of adventure, of experience. The tourist is passive; he expects interesting things to happen to him. He goes ‘sight-seeing.’ –Daniel J. Boorstin

Trus kita kudu jadi raja tega dan gak boleh bawa oleh-oleh gitu? Raja Tega, iya. Oleh-oleh, ini mah tergantung niat & keikhlasan hati kita untuk berbagi.

Nah kalo udah berniat untuk bawa oleh-oleh, hal yang paling penting disiapkan sebelum berangkat adalah berapa dana untuk shopping buat diri sendiri dan oleh-oleh. Jangan sampai bangkrut jatuh miskin gara-gara sibuk belanja oleh-oleh.

Ini nih tips ala Gadiezz buat yang galau dengan shopping, oleh-oleh dan titipan selama traveling:

1. Tetapkan berapa dana untuk belanja pribadi, berapa dana untuk oleh-oleh. Kalo ada yang nitip, minta sekalian dengan uangnya. Kalo ada pesenan oleh-oleh khusus untuk keperluan kantor, mintalah cash dari kantor sebelum berangkat.

2. Buat catatan apa saja yang kamu butuhkan untuk dibeli selama traveling, barang khas lokal apa saja yang kira-kira bisa dibeli sebagai oleh-oleh sesuai dengan dana kita. Pilihlah barang yang ringan dan mudah dibawa. Ingat, bagasi pesawat maksimal 20kg (domestik) dan 30kg (internasional).

3. Bawalah uang cash lokal maksimal sama dengan dana belanja & oleh-oleh tersebut, agar kita tidak kalap menghabiskan uang cash lokal dengan dalih malas tukar ke rupiah lagi.

4. Sebagian toko menjual barang dengan fixed price, sebagian lagi dengan negotiable price alias bisa tawar-menawar. Pilihlah tempat belanja yang nyaman buat kamu. Belanja di pasar semacam Grand Bazaar pun harus hati-hati, kalo gak pinter nawar harganya bisa jauh lebih mahal daripada toko yang menjual barang dengan fixed price dan kualitas lebih baik.

Pengalaman pribadi aku dari Turki, shopping pribadi dan oleh-oleh totalnya gak lebih dari 2 juta rupiah looohh….Dapat apa aja tuh?

– buat diri sendiri: beli winter coat di LC Waikiki (semacam Matahari dept store klo di Indonesia) harganya sekitar 300ribuan rupiah, hand body, sabun, peeling, cream & minyak zaitun totalnya sekitar 120 TL (turkish lira), magnet kulkas (5TL)

– buat keluarga & sahabat: turkish delight, turkish tea & coffe sekitar 30 TL, sajadah (15 TL), pasmina (15TL), magnet kulkas (5 TL)

– buat temen barak: turkish delight (15 TL), turkish tea (7 TL), dompet (1.5 TL)

– buat bos supt & temen2 kantor (satu dept aku totalnya 35 orang): sajadah buat bos supt & temen yg backup kerjaan selama aku cuti, dompet & devil eye (masing-masing harganya 1.5 TL), turkish tea dan coklat buat temen-temen sekantor.

Alhamdulillah, aku senang, semua senang dan bagasi aman (pulangnya total bagasi cuman 18 kg ajaaa).

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s