Traveling

4 Jam Berburu Pakaian & Perlengkapan Musim Dingin

Setelah urusan approval cuti di kantor, beli tiket ke Jakarta, bayar DP dan pelunasan biaya Turkey Winter Trip, satu hal lagi yang kudu jadi perhatian khusus: persiapan pakaian selama di Turki. Awalnya masih ngerasa santai aja karena mikirnya bisalah beli pas di Jakarta, toh masih cukup waktunya karena flight ke Istanbul jam 20.35 wib. Tapi begitu neng Yala bilang kumpul di bandaranya jam 4 sore, mendadak galau deh, artinya aku hanya punya waktu beberapa jam aja untuk belanja pakaian dan perlengkapan winter plus perjalanan dari penginapan ke bandara, OMG! Mulai deh bikin strategi.

Nyampe di Jakarta tgl 7 Januari 2015 malam, aku pilih penginapan Rumah Shinta yang dekat dengan ITC Mangga Dua supaya besok paginya bisa belanja di Toko Djohan (www.tokodjohan.com) salah satu toko yang recommended murah meriah untuk pakaian winter. Selain Toko Djohan, aku pilih Uniqlo Grand Indonesia karena ada beberapa barang yang mo dibeli disana.

Dari hasil browsing, aku membuat checklist barang-barang yang perlu dibeli dan hal-hal yang perlu disiapkan. Belanja di toko online aku coret karena khawatir barang yang dipesan telat sampai di Sangatta (2 minggu sebelum hingga 1 minggu setelah tahun baru biasanya kesibukan kurir meningkat, dan juga karena di tanggal tersebut banyak yang libur). Walopun sempet males nitip-nitip ama temen (balik lagi ke buku Money Therapy), tapi karena di Sangatta gak ada yang jual pakaian dan perlengkapan winter, dan aku juga baru bisa ke Jakarta tanggal 7 Januari 2015 (sehari sebelum berangkat ke Turki), akhirnya terpaksa nitip beberapa perlengkapan winter ke Rossi yang akan cuti Natal ke Bandung. Lumayanlah dapat sepasang winter coat bahan wool, sepasang sarung tangan kulit dan lipbalm.

Satu hal yang bikin rempong juga adalah koper, karena aku gak punya koper jumbo yang beroda 4. Kenapa koper jumbo beroda 4? Karena bagasi maksimal 30kg dan dari TLC membatasi hanya boleh bawa 1 koper dan 1 bagasi kabin, agar memudahkan handling. Last minute malam sebelum berangkat akhirnya dapat pinjaman koper medium yang cukup luas dalamnya dan beroda 4. Mayanlah gak perlu encok narik koper karena bisa didorong aja kalo roda 4.

Dan hari H pun tiba. 8 Januari 2015. It was my birthday actually, and it was hectic yet excited. 

Jam 9.30 wib aku jalan kaki dari penginapan ke ITC Mangga Dua, ternyata tokonya baru buka jam 10.00 wib dan aku adalah pengunjung pertama. Di Toko Djohan aku dapat 3 pasang longjohn, 2 pasang sweater, sepasang syal plus kupluk, 3 pasang kaos kali wool, 1 buah earmuff, sepasang sarung tangan kulit; total belanja 905rb. Gak dapat jacket dan boots karena gak cocok dengan model dan ukurannya. Balik ke penginapan langsung check out dan jam 11.00 wib meluncur ke Thamrin City karena rencana awal mo berangkat ke bandara naik Damri dari Tamcit. Ternyata counter Damri gak punya tempat penitipan koper hiks…Langsung ganti strategi nitip koper di kosan mba Dini di Kebon Kacang gak jauh dari Tamcit, trus nyusul Henny di GI karena udah janjian mo nemenin belanja plus birthday lunch.

Setelah cuci mata di beberapa toko, akhirnya memutuskan beli boots (400rb) dan celana kulit (400rb) di H&M, waterproof jacket (800rb) di Pull & Bear serta jegging (300rb) dan sweater (250rb) di Uniqlo. Terakhir belanja obat-obatan di Guardian dan krim di Erha Clinic. Jam 14.00 wib udah duduk manis di The Manhattan Fish Market, makan siang & curcol ama Henny ampe jam 15.00 wib. Dari GI mampir ambil koper di kosan mba Dini, dan langsung meluncur ke bandara sambil final packing dalam taxi. What a day!

Oia ini contekan checklist untuk 1 minggu trip yang aku buat dari hasil browsing dan info dari neng Yala:

Pakaian Winter 

1. Pakaian dalam

Ada yang sering traveling tapi juga sering lupa bawa pakaian dalam?? Adaaaaa!! Bawalah pakaian dalam secukupnya dan pilih yang bahan kaos karena lebih nyaman untuk aktifitas seharian penuh. Kalo gak mau ribet, bisa bawa disposable panties.

 2. Longjohn

Ini adalah pakaian dalam khusus musim dingin, semacam baju manset dan celana legging tapi ada lapisan hangat di bagian dalamnya. Ada yang dijual terpisah atasan dan bawahannya, ada yang sudah 1 set. Longjohn yang digunakan sebaiknya ketat (menempel kulit). Kemarin aku bawa 3 set, yang terpakai malah cuman 2 set aja, karena pas winter badan kurang berkeringat sehingga pakaian tidak mudah bau walaupun sudah 2 hari pakai.

 3. Sweater

Pilihlah sweater bahan wool yang hangat. Jika sedang dalam ruangan, pakai sweater aja udah cukup menghangatkan tanpa coat/jacket, karena rata-rata indoor di daerah musim dingin menggunakan heater (penghangat ruangan/kamar). Aku bawa 3 pasang sweater dan semuanya terpakai secara bergantian selama seminggu.

 4. Winter coat/down jacket

Gak perlu bawa banyak, selain karena tebal, berat dan menghabiskan banyak ruang dalam koper, juga karena fungsinya hanya sebagai baju luar, yang didalamnya sudah dilapisi dengan longjohn dan sweater. Coat bahan wool dan jacket yang isinya bulu angsa biasanya lebih hangat daripada down jacket. Jika akan bepergian ke tempat yang suhu dinginnya ekstrim hingga – 15⁰, perlu mempersiapkan baju hingga 4 lapis yaitu longjohn, sweater, down jacket dan winter coat. Untuk daerah dingin dengan kecepatan angin cukup tinggi, disarankan menggunakan windshield jacket yang biasa digunakan oleh pendaki gunung (bisa didapatkan di toko semacam The North Face). Aku sendiri bawa 2 yaitu 1 winter coat bahan wool dan 1 waterproof jacket yang sedikit lebih tebal dari down jacket. Walaupun selama di Turki tiap hari liat salju dengan suhu mulai dari – 3⁰ hingga 14⁰, 2 coat/jacket yang aku bawa cukup aja tuh dipakai bergantian.

 5. Sepatu tahan dingin

Sama halnya dengan winter coat, winter boots juga gak perlu bawa banyak karena berat dan menghabiskan banyak ruang dalam koper. Yang paling penting adalah nyaman digunakan untuk berjalan di lapisan es yang licin maupun jalanan dengan permukaan tanah yang kasar dan lembek, dan cukup hangat buat kaki. Pilih sepatu yang 1 atau 2 ukuran lebih besar dari ukuran normal kaki kita, agar tidak kesempitan ketika menggunakan kaos kaki wool hingga berlapis-lapis. Winter boots dengan lapisan wool dalamnya memang lebih mahal harganya. Selama 1 minggu di Turki aku hanya bawa 1 pasang winter boots biasa, dalamnya aku pakai kaos kaki bahan wool. Teman yang lain ada yang pakai sport shoes aja dengan kaos kaki wool, dan cukup hangat juga.

 6. Kaos kaki wool

Kaos kaki bahan wool memang lebih mahal daripada kaos kaki biasa, tapi lebih hangat dan nyaman. Bisa digunakan 2 atau 3 lapis jika suhu sangat dingin. Aku bawa 3 pasang kaos kaki wool tapi hanya terpakai 1 pasang aja dan tidak bau walopun dipakai seminggu.

 7. Syal, topi wool (kupluk) dan masker

Syal dan kupluk ini cukup penting, karena melindungi kepala, telinga dan bagian leher yang sangat sensitif terhadap dingin. Lebih baik lagi jika bawa masker winter, karena angin dingin yang masuk lewat hidung dan mulut bisa menyebabkan batuk, pilek, mulut & tenggorokan kering. Aku hanya bawa sepasang syal dan kupluk dengan warna senada dan netral. Gak bawa masker winter tapi menggunakan syal untuk menutup hidung & mulut juga selain leher.

 8. Sarung tangan

Sarung tangan juga cukup penting karena tangan adalah salah satu bagian tubuh yang paling cepat membeku kedinginan dan kering. Aku bawa 2 pasang sarung tangan wool dan 2 pasang sarung tangan kulit, tapi hanya terpakai 2 pasang aja.

 9. Earmuff

Ini bukan hanya untuk gaya-gayaan, tapi sangat nyaman digunakan untuk melindungi telinga dari dingin bagi yang tidak berjilbab atau tidak menggunakan kupluk. Aku bawa 1 pasang aja udah cukup.

 Perlengkapan Winter 

1. Koper

2. Koyo, minyak angin & cairan penghangat tubuh (tolak angin)

3. Pembalut & pantyliner (khusus wanita)

4. Obat-obatan (obat maag, sakit perut, diare, sakit kepala, demam)

5. Handbody dan lipbalm/lipgloss

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s