Culinary

Tuna Sambal Pete

Aku lahir dan besar di kota kecil bernama Tarempa, yang saat ini menjadi ibukota kabupaten Kepulauan Anambas provinsi Kepulauan Riau. Karena Tarempa terletak di sebuah pulau nun jauh di Laut Cina Selatan dan kaya akan hasil laut, penduduknya sudah terbiasa konsumsi ikan dan hasil laut lainnya. Ikan yang paling banyak dikonsumsi dan diolah oleh penduduk setempat adalah ikan tongkol yang oleh penduduk setempat dikenal dengan nama ikan simbok. Ikan simbok ini juga menjadi ikan favorit aku hingga dewasa dan merantau kemana-mana, termasuk di Sangatta yang juga cukup mudah mendapatkan ikan segar.

Lade Gorom Simbok atau Cabe Garam Tongkol, makanan khas Tarempa yang tidak hanya digemari oleh penduduk setempat, tapi juga pendatang yang berkunjung ke Anambas. Sesuai namanya, bahan utama makanan ini adalah ikan tongkol, cabe dan garam. Cara membuatnya mudah, rasanya guriiiihh dan pedaaass 🙂

Di Sangatta, ikan tongkol dikenal ada 2 macam dilihat dari warna daging ikannya, yaitu tongkol merah dan tongkol putih. Tongkol putih ini dikenal dengan nama ikan tuna kalo di Sangatta.

Nah karena udah lama banget pengen makan Lade Gorom Simbok, akhirnya memutuskan bikin sendiri sambil coba modifikasi dari resep aslinya.

Bahan

1 kg ikan tuna, buang insangnya dan bersihkan isi perutnya

Jeruk nipis untuk ikan

½ ons cabe merah keriting

5 siung bawang putih

15 siung bawang merah

5 biji tomat sayur / tomat kecil

½ ons pete yang sudah dikupas

1 batang sereh, dikeprok

3 lembar daun jeruk

1 sdt gula pasir

2 sdt garam

Minyak goreng secukupnya

Cara Membuat

1. Ikan yang sudah bersih, diberi air jeruk nipis, lalu kukus ikan hingga matang, buang tulang ikan dan suir-suir dagingnya, sisihkan. Ikan bisa juga dipanggang/bakar/diasap (disalai kalo bahasa melayu Tarempa).

2. Haluskan cabe merah, bawang merah, bawang putih, tomat, sisihkan.

3. Panaskan minyak goreng dalam wajan, goreng pete hingga setengah matang, angkat dan sisihkan.

4. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan minyak bekas menggoreng pete, masukkan sereh dan daun jeruk, aduk-aduk hingga wangi.

5. Masukkan ikan suir ke dalam bumbu yang sedang ditumis, aduk rata, tambahkan gula dan garam secukupnya. Aduk hingga bumbu dan ikan tercampur dan kering.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s