Traveling

Singapura Itu Dekeeeett…Dari Batam

Orang Batam boleh lah sedikit sombong kalo soal jalan-jalan ke luar negeri. Gampangnya ituu…tinggal nyebrang pulau tak sampai 1 jam sudah sampai kita di luar negeri…Kok bisa??

Iya. Luar negeri yang dimaksud adalah negara Singapura. Tak heran memang jika mobilitas penduduk antar pulau antar negara Batam – Singapura ini cukup tinggi, karena 2 pulau ini hanya berjarak sekitar 20km lebar laut / selat, didukung pula sarana transportasi kapal laut / ferry yang selalu ada tiap jam dari beberapa ferry terminal di Batam dan 2 ferry terminal di Singapura (Harbourfront dan Tanah Merah). Terlebih jika tiba waktunya akhir pekan atau libur nasional, siap-siap dengan antrian panjang mengular saat antri pengecekan Imigrasi.

Hingga tulisan ini dibuat, tercatat ada 5 international ferry terminal di Batam, yaitu:

Batam Center

Di ferry terminal ini beroperasi beberapa penyedia layanan kapal menuju Singapura (Harbourfront ferry terminal) serta Malaysia (Stulang Laut ferry terminal dan Pasir Gudang Johor Bahru ferry terminal). Lokasi terminal kapal ini terletak di tengah kota, mudah dijangkau jika dari bandara Hang Nadim. Waktu tempuh kapal dari Batam Center ke Harbourfront adalah 1 jam dan Batam Center ke Stulang Laut atau pasir Gudang adalah 1.5 jam.

Sekupang

Di ferry terminal ini beroperasi beberapa penyedia layanan kapal tujuan domestik dan internasional. Waktu tempuh kapal dari Sekupang ke Harbourfront adalah 45 menit saja.

Harbour Bay

Lokasi ferry terminal ini paling dekat dengan pusat bisnis kota Batam yaitu Nagoya (Lubuk Baja) dan Jodoh (Tanjung Pantun). Waktu tempuh kapal dari Harbour Bay ke Harbourfront adalah 45 menit saja, namun jadwal kapal tidak sebanyak di Batam Center dan Sekupang yang selalu ada setiap 1 jam sekali.

Waterfront

Ini adalah salah satu dari 2 ferry terminal yang lokasinya berada dalam/berdekatan dengan resort/kawasan wisata. Waktu tempuh kapal dari Waterfront ke Harbourfront sekitar 55 menit. Dari Waterfront City Ferry Terminal hanya membutuhkan waktu 5 menit untuk menuju kawasan wisata Waterfront City menggunakan taksi. Hotel terdekat dapat ditempuh hanya 5 menit dan juga memiliki fasilitas shuttle bus untuk antar dan jemput tamu hotel.

Nongsapura

Nongsapura ferry terminal terletak sekitar resor Turi Beach, Nongsa Point Marina, Nongsa Village, Montigo Resort, Batam View dan Tamarin Santana Golf courses, Palm Springs dan Tering Bay. Perjalan laut dari Nongsapura ke Tanah Merah  hanya membutuhkan waktu 40 menit dan Tanah Merah ferry terminal sangat dekat dengan Changi Airport di Singapura. Nongsapura ferry terminal dapat ditempuh dalam waktu 10 menit dari Bandara Hang Nadim Batam.

Membeli Tiket Ferry

“Katanya kalo mau ke Singapura lewat Batam itu murah ya?”

Jawabannya tergantung, dihitung darimana dan kapan.

Untuk harga tiket kapal pergi-pulang (termasuk pajak), kisaran harganya mulai dari Rp. 265,000 hingga Rp. 310,000. Tiket ini dijual untuk tanggal dan jam keberangkatan yang masih open, jadi sangat fleksibel. Disarankan untuk membeli tiket kapal diluar ferry terminal karena biasanya lebih murah, misalnya di money changer atau di counter travel & tour di bandara.

Kapan Waktu Terbaik ke Singapura?

Tergantung tujuan jalan-jalannya mau ngapain aja, belanja, bermain di tempat wisata, atau sekedar mampir one day trip.

Bagi yang suka belanja, Great Singapore Sale (GSS) adalah saat yang tepat. GSS biasanya dibuka pada akhir bulan Mei hingga akhir Juli. Sementara bagi penggila IT, elektronika dan gadget, jangan lewatkan acara expo semacam COMEX yang biasanya dilaksanakan di awal dan akhir tahun (quarter 1 dan 4).

Weekend dan libur nasional adalah waktu terpadat antrian imigrasi baik di bandara maupun ferry terminal, juga antrian di tempat wisata seperti Universal Studio dan Gardens by the Bay, serta harga hotel dan penginapan yang melambung tinggi. Hindari waktu-waktu ini jika anda ingin menikmati perjalanan dengan lebih nyaman. Atau bisa disiasati dengan membeli tiket tempat wisata via online dan booking penginapan sejak jauh-jauh hari.

Last but not least, jangan lupa abadikan foto perjalanan anda, baik sendiri ataupun bersama teman. Sebab sesering apapun anda datang ke tempat yang sama, akan selalu ada memori baru yang mengisi jejak perjalanan anda. ^_^

5081_1185735881917_3353828_n
Gadis, Eka dan Nina; Juni 2007

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s