Traveling

Mudah Mengurus Visa Inggris (UK)

Ada yang bilang, kalau mau traveling ke Eropa, Amerika, Inggris dan beberapa negara besar lainnya, selain biaya hidup tinggi, proses untuk mendapatkan visanya sulit. Harus punya saldo tabungan puluhan juta, punya saudara atau teman yang memberikan surat jaminan selama di negara tersebut, dan beberapa alasan lainnya. Ini yang membuat beberapa orang gak berani mewujudkan impiannya ke negara-negara tersebut, sayang banget deh.

Ngomong-ngomong tentang visa, yang kebayang pasti ribet urusan dokumen dan serem menghadapi petugas visanya. Sama sih aku juga gitu, awalnya. Sampai akhirnya dari hasil browsing ke beberapa blog traveler, baru deh ngerti kalo ngurus visa Jepang itu harus sesuai wilayah yurisdiksinya, visa UK hanya persiapan dokumen aja dan gak ada interview, visa Amerika masih menggunakan interview tapi bisa pakai Bahasa Indonesia aja gak harus in English, visa Schengen bisa apply lewat salah satu dari 26 negara wilayah Schengen dan biasanya lebih mudah lewat Belanda. Walaupun nantinya kita akan menggunakan jasa agen untuk pengurusan visa, gak ada salahnya informasi seperti ini kita ketahui, dan siapa tau setelah mendapatkan informasi yang cukup jelas dari sumber yang terpercaya, kita malah berani untuk mengurus sendiri visa perjalanan tanpa agen. Hal ini terjadi padaku dan 3 orang teman yang memberanikan diri untuk mewujudkan impian kami menginjakkan kaki di tanah Ratu Elizabeth.

Sebutlah kami 5 orang wanita cantik bernama Irma, Gadis, Thatha, Branti dan Ateeh (nama sebenarnya). Setelah sempat ketinggalan promo tiket beberapa maskapai besar, kami pantang menyerah untuk hunting tiket ke Inggris jauh-jauh hari. Dan akhirnya pilihan kami jatuh pada maskapai Etihad Airways di bulan Maret 2016. Sebenarnya masih ada beberapa maskapai lain yang harganya lebih murah. Tapi dengan pertimbangan durasi perjalanan yang lebih dari 17 jam, kami memilih yang lebih nyaman tentunya.

Persiapan selanjutnya adalah membuat visa kunjungan ke Inggris. Aku, Thatha, Branti dan Ateeh akhirnya memilih mengurus sendiri sementara mamak Irma menggunakan jasa agen, karena beliau full schedule ke beberapa negara berbeda sehingga butuh proses yang lebih cepat.

Persyaratan Visa

Informasi resmi mengenai visa UK ini bisa dibuka pada laman ini menggunakan versi Bahasa Indonesia.

Dari sini diketahui bahwa proses visa UK tidak dilakukan di kantor kedubes UK di Jakarta melainkan melalui pihak ketiga yang juga melayani proses visa beberapa negara lainnya, yaitu VFS Global. Saat ini, kantor VFS Global Indonesia terdapat di 2 kota yaitu Jakarta dan Bali.

Kantor VFS Global Jakarta : Kuningan City Mall, 2nd Floor, Jl. Prof. Dr. Satrio Kav. 18, Setiabudi, Kuningan. Telepon: +62 21 304 18704

Kantor VFS Global Bali : Benoa Square, 3rd Floor No. 7-9.3/A, Jalan Bypass I Gusti Ngurah Rai No 21A, Kedonganan Kuta. Telepon: +62 361 8957710

Kamu bisa mulai apply visa UK sejak 90 hari dari tanggal keberangkatan. Saranku, proses visa sesegera mungkin, apalagi jika kamu berencana jalan-jalan ke beberapa negara dalam waktu berdekatan dan membutuhkan proses visa juga, misalnya ke Jepang di bulan Februari dan Inggris di bulan Maret, kudu siap kejar-kejaran dengan waktu deh *pfiuh*

Berapa lama proses visa Inggris?

Formally, jawaban ini bisa didapatkan dalam situs diatas ya. But actually, lama waktunya variatif tergantung kamu pilih proses visa secara normal atau priority (kalo priority ada tambahan biaya Rp. 2.640.000,- selain biaya yang sudah dibayarkan saat apply online, lama prosesnya adalah 3 – 5 hari kerja) serta bulan apa kamu apply (peak season biasanya Juni – September). Dari pengalaman mengurus sendiri Visa Berkunjung / General Visitors secara normal, datang ke VFS Jakarta untuk proses biometrik tanggal 31 Desember 2015, tanggal 17 Januari 2016 sudah dapat e-mail pemberitahuan untuk pengambilan passport dan visa.

Dokumen apa yang perlu dipersiapkan?

Dari hasil browsing di situs resmi visa UK, blog walking dan tanya temen termasuk tanya ke agen, berikut aku bikin poin dan penjelasannya ya:

  1. Paspor dengan masa berlaku minimal 8 bulan terakhir dan paspor lama

Pastikan kamu sudah membubuhkan tanda tangan di paspor kamu ya, karena di halaman depan paspor ada bagian yang harus diisi sendiri dengan tanda tangan oleh pemilik paspor. Cek juga halaman terakhir paspor, ada sebagian paspor yang sudah terisi alamat pemegang paspor, kadang ada juga yang masih kosong sehingga perlu diisi sendiri oleh pemiliknya. Jangan sampai hal sepele ini menjadi penyebab visa kamu ditolak karena dokumen dianggap tidak lengkap.

Perhatikan juga nama dan nama tambahan pada paspor, karena harus sama dengan nama dalam dokumen lainnya seperti KTP, KK, Akte.

Paspor lama diperlukan untuk pengecekan history kamu ke luar negeri, apalagi jika pernah apply visa juga di negara lain.

  1. KTP, Kartu Keluarga dan Akte Kelahiran, fotokopi dokumen asli dan hasil translate dalam bahasa Inggris

Ketiga dokumen ini WAJIB dibuatkan versi Bahasa Inggris, karena proses visa dilakukan di Manila bukan di Indonesia. Kamu bisa menggunakan jasa translator tersumpah, salah satunya ini yang aku gunakan:

A & P Translation

Jl. Kalibata Timur Raya (Empang Tiga) No. 12

Jakarta Selatan – 12740

Phone             : 021-7987953, 021-79198415 Fax. 021-79198847

Mobile           : 0812 909 2306

E-mail             : anangf@gmail.com

Rek. BCA No. 677-002-016-4

Atas Nama : Anang Fahkcrudin

 

Biayanya?

Proses normal (2 hari kerja) : 35 ribu rupiah per lembar

Proses cepat (1 hari kerja) : 70 ribu rupiah per lembar

Fotokopi KTP dicetak pada halaman A4 ya, jangan dipotong menjadi kecil seukuran KTP, dikhawatirkan terselip dan hilang karena ukuran dokumen yang kecil sehingga bisa dianggap dokumen yang tidak lengkap.

  1. Akta Nikah, fotokopi dokumen asli dan hasil translate dalam bahasa Inggris

Sama halnya dengan dokumen KTP, KK dan Akte Kelahiran, Akta Nikah juga wajib dibuatkan versi Bahasa Inggris.

  1. Dua (2) lembar pas foto berwarna terbaru ukuran 3,5cm x 4,5cm dengan latar belakang putih

Walaupun nantinya foto yang akan dipajang pada visa kamu adalah foto saat biometrik, usahakan pasfoto yang dikumpulkan bersama dokumen visa ini adalah pasfoto terbaru kamu, agar saat dibandingkan antara pasfoto dan foto hasil biometrik tidak terlalu jauh bedanya.

IMG_2762

Perhatikan syarat pasfoto ini dalam situs visa UK, antara lain harus berlatar belakang putih bukan editan, pose wajah datar dan jelas tanpa senyum berlebihan apalagi tertawa, dan porsi wajah adalah 80%.

  1. Surat sponsor dari tempat kerja/tempat usaha dalam bahasa Inggris

Surat ini sebaiknya memuat pernyataan bahwa kamu bekerja pada kantor tersebut dan akan kembali bekerja setelah kunjunganmu selesai, termasuk penjelasan bahwa kamu mempunyai penghasilan yang layak untuk hidup di Inggris.

Saranku, bersamaan dengan kamu mengurus Sponsor Letter ini, sekalian saja lengkapi izin cuti kamu di kantor. Pengalamanku, pihak kedubes UK di Manila tiba-tiba melakukan pengecekan by phone ke bagian HR yang menandatangani Sponsor Letter aku, untuk klarifikasi apakah benar aku cuti di tanggal aku berangkat ke UK tersebut dan berapa besar gajiku, walaupun aku sudah melampirkan bukti issued ticket pulang-pergi dan slip gaji 3 bulan terakhir.

  1. Surat referensi bank dalam bahasa Inggris

Jika kamu punya rekening di beberapa bank, dan semua rekening ini akan kamu jadikan sebagai bukti keuangan untuk pengajuan visa, maka kamu harus membuat surat referensi bank di semua bank tersebut. Tapi jika kamu cukup confident dengan melampirkan salah satu rekening dengan saldo yang ‘cantik’ dan sering digunakan untuk transaksi, maka cukup membuat satu lembar surat referensi bank saja.

Tiap bank punya prosedur berbeda terkait surat referensi bank. Ada yang mensyaratkan permohonan surat referensi bank harus dilakukan di bank asal tempat membuka rekening, ada yang bisa dilakukan di kantor cabang, ada yang harus membuat surat permohonan, ada yang cukup datang ke kantor cabang membawa buku tabungan dan KTP.

Pengalaman membuat surat referensi bank di bank Mandiri cabang Sangatta – Kaltim (daerah dimana aku bekerja), aku cukup datang bawa buku tabungan dan KTP, surat diproses dalam 2 hari kerja, kemudian ambil surat dan bayar 150 ribu. Padahal dulu buka rekening Mandiri di kantor cabang Batam – Kepri.

Teman yang lain, membuat surat referensi bank di bank BNI cabang Sangatta – Kaltim, harus membuat membuat surat permohonan yang dibawa ke kantor cabang bersama buku tabungan dan KTP, surat diproses dalam 1 hari kerja, kemudian ambil surat dan bayar 150 ribu.

  1. Fotokopi bukti keuangan minimal 3 bulan terakhir

Yang membuat ketar-ketir beberapa orang saat mengajukan visa UK adalah informasi bahwa harus punya saldo tabungan minimal 50 juta. Secara resmi angka ini tidak disebutkan dalam situs Visa UK, pun saat bertanya ke petugas VFS Global, mereka tidak akan memberikan informasi tentang hal ini. Logikanya, saldo kamu harus mencukupi untuk biaya hidup selama kamu di Inggris.

Perhatikan juga transaksi dalam rekening kamu, jika tiba-tiba ada dana cukup besar karena kamu baru aja mencairkan deposito, reksadana atau logam mulia, disarankan untuk melampirkan bukti transaksi atau surat keterangan dari tempat asal deposito, reksadana atau transaksi terkait. Hal ini agar tidak dicurigai sebagai ‘dana dadakan’.

Syarat ini dapat dipenuhi dengan cara meminta slip gaji ke kantor kamu, juga dengan cara mencetak rekening koran pada bank tempat kamu menyimpan uang.

Pengalaman aku, dengan melampirkan slip gaji 3 bulan terakhir, fotokopi halaman pertama buku tabungan dan rekening koran yang aku print dari internet banking 3 bulan terakhir, ini saja sudah cukup. Saranku, pilih rekening yang sudah cukup lama kamu gunakan, transaksinya lancar (rekening untuk gaji bulanan dari kantor) dan saldonya cukup ‘cantik’. Jika saldo dari satu rekening tidak cukup, bisa lampirkan beberapa rekening yang lain, sehingga total saldo menjadi ‘cantik’.

  1. Detail rencana perjalanan / Itinerary

Rencana perjalanan ini adalah gambaran perjalanan kamu nanti selama di Inggris. Tidak harus detail tapi cukup informatif mencantumkan lokasi dan waktu, dan tambahkan juga informasi jadwal penerbangan dan nama hotel tempat kamu tinggal selama di Inggris. Contohnya itinerary yang aku buat bersama Ateeh ini.

itinerary UK

  1. Bukti tiket perjalanan

Yang ini cukup jelas ya, cukup cetak tiket yang sudah kamu booking dan issued untuk perjalanan berangkat dari Indonesia hingga kembali ke Indonesia. Cek kembali tanggal tiba dan berangkat dari Inggris, karena ini akan dicocokkan dengan tanggal visa yang kamu ajukan.

tiket UK

  1. Bukti booking hotel

Jika kamu sudah menentukan hotel tempat tinggal, kamu bisa langsung booking dari jauh-jauh hari. Tapi jika itinerary kamu masih berubah-ubah dan tempat tinggal selama disana masih tentatif, maka bisa disiasati dengan booking melalui situs yang mengenakan charge murah jika kamu akan cancel booking di kemudian hari, misalnya www.hostelbookers.com atau www.hostelworld.com. Saranku, pilihlah penginapan paling murah di lokasi kota yang akan kamu kunjungi, agar biaya yang dikeluarkan karena cancel booking tidak membebani budget traveling kamu.

Sebagai contoh, di www.hostelbookers.com kamu akan dikenakan biaya 12% dari total transaksi saat booking dan ini adalah non-refundable jika terjadi pembatalan kecuali jika kamu pilih opsi Payment Protection.

Cetaklah semua bukti booking hotel selama kamu tinggal di Inggris, dan cek kembali dengan itinerary, apakah sudah sesuai.

Mengajukan Aplikasi Permohonan Visa Online

Setelah semua syarat lengkap, maka proses selanjutnya adalah mengajukan aplikasi permohona visa secara online. Untuk ini, kamu harus membuat akun di situs Visa4UK. Caranya cukup mudah, tinggal klik [Register an Account] > Isi [Personal Details] > Isi [Address Details] > Buat [Login Password] dengan emailmu, maka selanjutnya akan ada email verifikasi masuk ke email yang kamu daftarkan.

Kemudian, setelah Log In lagi di Visa4UK dengan email dan password yang kamu daftarkan, maka kamu dapat mulai mengajukan aplikasi permohonan visa Inggris secara online. Jangan lupa klik Apply For Myself apabila kamu ingin mendaftarkan visa Inggris untuk diri kamu sendiri, dan klik Apply For Someone Else apabila kamu ingin membantu orang lain mengajukan aplikasi visa Inggris.

Saranku, sediakan waktu yang cukup dan kondisi yang tenang untuk mengisi aplikasi ini, agar kamu bisa membaca dan memahami tiap pertanyaan dengan jelas dan mengisi jawabannya dengan tepat.

Bagian yang perlu kamu isi dalam form aplikasi ini terdiri dari beberapa bagian yaitu:

  • Application Details
  • Passport and Travel Information
  • Personal Detail and Travel History
  • Family Details
  • Employment and Income
  • Family and Friends in the UK
  • Medical Treatment
  • Additional Information

Setelah semua kolom pertanyaan terisi dengan benar, kamu diberi kesempatan untuk mengecek kembali, dan jika sudah yakin dengan jawaban kamu, dengan mengucapkan Bismillah (atau sesuai keyakinan masing-masing), tekanlah tombol [Submit Application].

Setelah kembali ke halaman awal aplikasi, langkah selanjutnya adalah menandatangani pernyataan [Sign Declaration], kemudian membuat janji pertemuan dan membayar aplikasi. Saranku, pilih waktu pertemuan yang paling pagi (jam 8) agar tidak terlalu lama menunggu antrian dan bisa segera dilayani. Setelah semuanya selesai, kamu akan mendapatkan email konfirmasi pembayaran dan jadwal pertemuan.

Mendatangi Pusat Permohonan Visa Sesuai Janji

Tibalah hari yang dinanti, yaitu jadwal pertemuan yang sudah dibuat via online. Kantor VFS Global berlokasi di lantai 1 dan 2 dalam mall Kuningan City, maka jangan kaget jika kamu mengambil jadwal sebelum jam 10, saat kamu tiba mall memang masih sepi dan belum ada yang buka. Carilah pintu masuk yang bersebelah dengan Starbucks, dari sini kamu cukup belok kiri dikit dan ketemu lift no 3 dan 4. Ini adalah lift yang langsung menghubungkan kamu ke kantor VFS Global di lantai 1 dan 2. Setelah tiba di depan kantor VFS Global jangan asal nyelonong masuk ya, ikuti prosedurnya:

  1. Lapor ke resepsionis, pastikan kamu sudah membawa dokumen lengkap dan sudah mencetak form aplikasi yang sudah kamu isi online dan mencetak email konfirmasi appointment.
  2. Masuk ke ruangan security untuk cek dokumen, termasuk screening. Pastikan alat telekomunikasi dimatikan dan jika membawa laptop maka harus dititipkan dan dikenakan biaya Rp. 25.000,-
  3. Ambil nomor antrean, dan antri dengan sabar di kursi-kursi yang tersedia.
  4. Saat nomor dipanggil, majulah ke loket untuk menyerahkan dokumen. Biasanya petugas akan bertanya, kamu mau proses visa secara normal atau priority.
  5. Pastikan kamu telah memfotokopi paspor kamu untuk dilampirkan, dan apabila paspor belum difotokopi, di sana juga tersedia layanan fotokopi dengan biaya Rp. 500,- per lembarnya.
  6. Di loket, juga ditawarkan layanan SMS untuk memantau proses pembuatan visa kamu, dengan biaya Rp. 25.000,-. Saranku, gunakan fitur SMS ini agar kamu lebih tenang karena tau progress visa kamu sudah sampai dimana.
  7. Berikutnya, antre lagi untuk ‘Biometric Enrolment’ di mana kamu akan diambil sidik jari (4 jari kanan serong, 4 jari kiri serong, dan ibu jari kanan dan kiri bersamaan) juga foto dengan kamera pengawas sebanyak 2 kali sebelum diambil foto lagi dengan kamera milik petugas di sana.
  8. Setelah selesai, simpan tanda terima yang diberikan, untuk keperluan pengambilan visa Inggris kamu.
  9. Jika kamu tinggal diluar kota atau tidak bisa mengambil sendiri paspor dan visa saat sudah selesai nanti, kamu bisa mewakilkan kepada orang lain untuk mengambilnya, dengan membuat Surat Kuasa yang dilampirkan fotokopi KTP kamu, fotokopi KTP teman yang mengambilkan serta tanda terima.

Berkat layanan SMS yang aku daftarkan, aku mengetahui bahwa permohonan visaku telah diteruskan ke bagian pengurusan visa di Manila, juga mengetahui bahwa visaku telah diterima kembali dan selesai diproses. Selain pemberitahuan via SMS, aku juga mendapatkan sebuah email pemberitahuan yang menyatakan bahwa visaku telah dapat diambil pada jam layanan pengambilan visa di VFS Global Jakarta, yaitu mulai pukul 12.00-17.00 pada hari Senin-Jumat.

Daaann…kalo ditanya apa rasanya pas lihat halaman paspor kamu tertempel visa Inggris yang udah bikin kamu deg-degan plus senewen sampai akhirnya pasrah? BAHAGIA ampe loncat-loncat kegirangan *ok plis skip bagian norak ini*

Related Stories:

UK Spring Trip March 2016 (Persiapan)

UK Spring Trip March 2016 (Perjalanan Part 1)

UK Spring Trip March 2016 (Perjalanan Part 2)

26 thoughts on “Mudah Mengurus Visa Inggris (UK)

  1. Hai..terimakasih sekali informasinya
    boleh bertanya ya..
    Kalau rekening koran & slip gaji apakah harus bahasa inggris juga ?
    Terimakasih 🙂

    Like

  2. Assala’mualaikum mbak. Salam kenal, Arief.
    Pengajuan visa mbak ini type apa ya mbak? Apa Sort Term Student-6 months? Reason for visit apa ya? Study ya mba..
    Terima kasih ya mba.

    Like

    1. Wa’alaikumsalam wr wb, Hai Arief salam kenal juga. Saya hanya traveling 12 hari di UK, jadi saya apply visa tourist short term 6 months, bukan student

      Like

  3. Halo kalau pergi bersama orang lain, kan ada bagian yg menanyakan apa orang tersebut sdh punya visa UK atau blm. Dijawab yes atau no?
    Lalu untuk bagian pengeluaran apa semuanya diisi dalam GBP? Thanks

    Like

  4. hai mba Nur, salam kenal.

    mau tanya nih, saya ada rencana ke UK mengunjungi famili disana sekitar 7-10 hari. masalahnya adalah english saya kurang lancar, apakah ada interview baik pengurusan visa ataupun di imigrasi bandara sana? kemudian, utk tiket pesawat harus sudah “issued”, jika visa ditolak berarti kita harus cari tiket yg bisa refund ya?

    Like

    1. Hi Rayi,
      Kalau ada family di UK, minta supporting letter aja dari family tsb, utk lampiran dalam mengurus visa, biasanya lebih mudah approve kalau ada supporting letter.

      Saat urus visa tidak ada interview dlm bahasa Inggris, tetapi saat imigrasi masuk UK, tentunya petugas akan bertanya tujuan dan udah berapa kali ke UK dalam bahasa Inggris, simple aja kok. Good Luck ya.

      Like

  5. Mbak kalau mengenai rek yg 50jt , jika ada refrensi dr UK yg menjamin hidup saya disana apa itu masih perlu dilampirkan ?
    Dan mengenai detail perjalanan , karena saya hanya memiliki 1 tujuan ke rumah teman dan stay disana selama 6 bln sesuai visa apa iti bisa dan apa itu perlu juga detail perjalanan.
    Tq ya pertanyaan nya banyak .

    Like

    1. hai mba, sebenernya gak ada syarat tertulis juga ttg rek 50jt ini; setahu saya dasar hitungannya minimal biaya hidup selama disana. misalnya 1x makan 100rb, berarti per hari minimal 300rb, dikalikan deh berapa lama stay nya disana. Kalo itinerary bikin general aja, gak perlu detail per hari kayaknya ya.

      Like

  6. Hai Sist,
    Kalo ada nama tambahan di halaman 4 (endorsement) gmn cara mengisi form visa-nya? Sesuai nama di halaman biodata atau halaman nama tambahan?
    Mohon infonya yaa..
    Thanks! 🙂

    Like

  7. Hi mbak. Aku mau bertanya . Pada saat apply vis uk tanggal keberangkatanku tanggal 3 november 2018. Ternyata ada suatu halangan sehingga keberangkatanku harus ditunda pada bulan januari 2019 nanti. Sementara visaku telah diterima pada tanggal 30 oktober2018.
    Apakah tidak bermasalah mbak jika tanggal keberangkatanku tidak sesuai dengan pada saat mengajukan visa mengingat jenis visa turis yang ku dapat adalah multiple entry?
    Sedikit khawatir karena ini merupakan pertama kalinya bagiku. Mohon di bantu penjelasannya ya mbak.. Terima kasih

    Like

    1. setahu saya selama masih dalam periode visa-nya misalnya 6 bulan, gak apa2 sih, tapi lebih baik di konsultasi kan ke bagian visa aja mba

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s