Family & Friends

Mudah Menutup Akun Kartu Kredit

Kamu capek di telponin sales or marketing kartu kredit?

Ditawarin macem-macem promo, asuransi dan lain-lain?

Kamu gak puas sama layanan kartu kredit, jadi korban kejahatan kartu kredit dan proses penyelesaiannya sampai berbulan-bulan dan kamu kena biaya-biaya selama proses penyelesaian?

Trus kemudian bingung gimana caranya nutup kartu kredit? Karena tiap ke customer service bank yang mengeluarkan kartu kredit, harus bolak-balik ngurus dokumen ini itu, atau lebih sebel lagi, ama customer service malah kamu disuruh telpon langsung ke call centre kartu kredit aja. Damn!

Pernah merasakan salah satu atau semua keluhan diatas, atau pengalaman yang bikin kamu trauma pake kartu kredit tertentu?

Toosss lah kalo gitu. I’ve been there done that *berpelukan*

Sampai akhirnya, dari hasil browsing internet, aku menemukan tips sederhana untuk menutup kartu kredit. Bahkan saat itu ampe gak percaya, apa iya semudah ini? Tapi gak ada ruginya dicoba kan, toh gak bikin capek atau keluarin biaya apapun.

Jadi begini caranya:

  1. Perhatikan tagihan kamu tiap bulan biasanya ada biaya apa saja selain biaya transaksi, seperti biaya materai, biaya kartu, biaya proteksi kartu, atau lainnya.
  2. Pastikan kamu tidak transaksi lagi menggunakan kartu kredit yang akan ditutup, agar tidak ada tagihan yang muncul.
  3. Lunasi semua tagihan kartu kredit hingga tak bersisa. Tambahkan total biaya per bulan yang selalu muncul dalam tagihan atau biaya kartu untuk 1 bulan kedepan. Misalnya tagihan bulan ini adalah 5 juta rupiah termasuk biaya kartu bulan ini sebesar 100 ribu, maka bayarlah dengan dilebihkan 100 ribu rupiah untuk biaya kartu yang muncul bulan depan, jadi total kamu bayar bulan ini adalah Rp. 5,100,000.
  4. Bulan depan kamu masih menerima tagihan yang berisi tagihan biaya kartu serta angka yang sudah kamu lunasi di bulan sebelumnya, sehingga balance tagihan adalah 0.
  5. Secara sistem, kartu kredit kamu akan otomatis ditutup tanpa kamu harus repot ke bank atau telpon ke call centre.
  6. Bulan depannya lagi atau beberapa bulan kemudian (beberapa bank butuh waktu untuk clearing memastikan kartu kredit tidak digunakan lagi) kamu akan menerima surat konfirmasi dari bank penerbit kartu kredit bahwa akun kartu kredit kamu sudah ditutup.
  7. Case closed.

Cara ini udah aku coba sendiri dan berhasil! Berikut contoh surat konfirmasi dari bank penerbit kartu kredit yang bersangkutan:

 
Kok tahun 2014?

Iya emang itu aku tutup bulan November 2014, dan surat bank baru aku terima bulan Agustus 2015. Gegara beberes lemari baru nemu lagi surat ini dan langsung tulis di blog biar gak lupa lagi 😀

Bagi yang ingin lepas dari mimpi buruk kartu kredit, selamat mencoba, semoga tips ini berfaedah.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s