Traveling

Mudah Mengurus VAT Refunds di Inggris

Orang Indonesia terkenal tukang belanja kalo ke luar negeri?

Iya banget.

Pertama kali menyaksikan sendiri gimana orang Indonesia kalo shopping ampe abis-abisan itu pas umroh tahun 2012. Makanya gak heran banyak penjual di Mekkah, Madinah dan Jeddah ada yang bisa bahasa Indonesia.

Gak usah jauh-jauh ke Arab lah, di Singapura aja gampang banget ketemu orang Indonesia di setiap pusat perbelanjaan, dengan tentengan segambreng tentunya. Konon cerita temen yang baru pulang dari traveling keliling Eropa, di beberapa pusat perbelanjaan tenar macam di Paris, udah ada loh yang menyediakan sales assistant yang bisa berbahasa Indonesia untuk melayani turis Indonesia. Wow.

Kenapa segitu getolnya orang Indonesia shopping di luar negeri? Bahkan barang branded yang gak murah tentunya?

Banyak alasan sebenarnya selain untuk pamer dan gengsi, karena memang harga barang branded dan barang tertentu bisa jauh lebih murah dibandingkan harga di Indonesia dan biasanya barang tersebut terjamin asli karena beli di tokonya langsung, selain juga karena barang limited edition yang gak masuk ke pasar Indonesia.

Adanya fasilitas Value Added Tax (VAT) Refunds juga salah satu pendorong maraknya shopaholic dari Indonesia. Dan celah ini juga ditangkap oleh beberapa orang sebagai peluang bisnis.

Intip saja di social media seperti Instagram, sudah awam beberapa akun membuka pre-order atau jasa titip barang dari Singapura, Jepang, Korea, Hongkong, Eropa, Inggris sembari sang pemilik akun traveling atau saat mereka akan kembali ke tanah air. Barangnya pun beragam, mulai dari popcorn sampai barang mahal dan mewah.

heathrow-VAT-refunds

Setiap negara punya aturan sendiri, maka sebaiknya bacalah informasi tentang VAT Refunds dari negara yang akan dikunjungi sebelum berangkat dan shopping, misalnya untuk Inggris bisa dibaca dari link berikut:

VAT Refunds UK

Di United Kingdom (UK), Value Added Tax (VAT) dibebankan pada banyak barang dan jasa dengan besaran sekitar 20%. Bagi turis asing yang berbelanja barang di toko-toko yang menjadi bagian dari Retail Export Scheme atau mudahnya toko yang melayani permintaan form VAT Refunds saat kita berbelanja, diberikan kebijakan untuk klaim pengembalian pajak atau VAT Refunds. VAT Refunds dapat kita urus saat akan meninggalkan UK atau di bandara saat akan terbang keluar dari UK, dengan besar nilai pengembalian antara 10% – 13% dari total belanja setelah dikurangi biaya-biaya dari agen yang ditunjuk mengurus VAT Refunds.

Berdasarkan pengalaman pribadi belanja dan mengurus VAT Refunds di bandara Heathrow, ada hal-hal yang perlu diperhatikan sejak sebelum kita berbelanja, jika kelak ingin mengurus VAT Refunds di bandara saat pulang:

  1. Pastikan toko tempat kita berbelanja sudah menjadi bagian dari Retail Export Scheme atau yang melayani permintaan form VAT Refunds
  2. Saat pembayaran di toko, selain bukti traksaksi belanja, minta lah form dan amplop VAT Refunds, serta pastikan pelayan toko sudah mengisi form bagian penjual lengkap dengan sign atau stamp toko. Sebagai pembeli kita juga perlu mengisi lengkap data yang diminta dalam form VAT Refunds tersebut.
  3. Sebelum check in ke counter maskapai, bawalah form VAT Refunds lengkap dengan passport dan barang yang dibeli ke bagian VAT Refunds, misalnya di bandara Heathrow dilayani oleh Travelex sebagai agen yang ditunjuk. Sediakan waktu sekitar satu jam sendiri untuk mengurus VAT Refunds karena antriannya cukup panjang.
  4. Saat akan masuk dalam antrian, biasanya ada petugas Travelex yang mendata pengunjung apakah akan meminta klaim cash dalam USD, Poundsterling atau Euro; dan ada juga jalur fast track alias tidak perlu antri panjang, tetapi berbayar tentunya.
  5. Saat di meja counter Travelex, serahkan semua dokumen VAT Refunds bersama bukti transaksi belanja dan passport, jangan lupa membawa serta barang yang dibeli jika diminta bukti oleh petugas Travelex.
  6. Dari pengamatan pribadi, tidak semua klaim VAT diberikan dalam bentuk cash di meja counter Travelex ini, ada beberapa teman yang diminta mengisi form VAT Refunds dengan data kartu kredit, mungkin untuk nilai belanja yang cukup besar. Menurut informasi dari laman Travelex, proses dana VAT Refunds masuk ke akun kartu kredit sekitar 2 minggu hingga 2 bulan.

Ada cara lain jika ingin berbelanja tanpa ribet ngurusin VAT Refunds, yaitu berbelanja di bandara, karena barang yang dijual sudah dipotong VAT. Kekurangannya, tidak semua brand membuka toko di bandara, dan pilihan barang juga terbatas.

Konon, jika berbelanja di toko branded di bandara Istanbul Turki, harganya jauh lebih murah daripada negara lain. Entahlah, aku sendiri lupa kayaknya waktu ke Turki gak belanja di bandara hahaha.

Lantas bagaimana celah VAT Refunds ini bisa menjadi peluang bisnis yang menarik?

Aku sendiri belum pernah menjadi pelaku bisnis jasa titip beli selama beberapa kali traveling ke luar negeri. Tetapi menilik perbandingan harga retail yang cukup jauh dan adanya VAT Refunds, margin ini bisa memberikan return yang menarik bagi pelaku bisnis jasa titip beli barang dari luar negeri.

Misalnya tas Longchamp model le pliage medium, harga retail (belum dipotong tax) di Paris 50 euro, di Indonesia harga dari salah satu web penjual barang branded terpercaya adalah 1.5juta rupiah; selisihnya bisa sampai 50% ya. Jika ada yang jual tas ini dengan harga 1juta rupiah aja, dan barang asli dibawa dari luar negeri, pasti lah banyak konsumen yang mau. Keuntungannya? Kali saja berapa jumlah barang yang dijual.

Ini baru contoh barang seharga 1.5juta rupiah, bagaimana dengan barang lain yang harganya jauh lebih mahal? tentu keuntungannya juga lebih banyak. Bahkan biaya traveling bisa ketutup dari keuntungan jasa titip beli barang dari luar negeri. Menarik.

Eits, sebagai warga negara Indonesia yang baik, tetap perlu diperhatikan peraturan bea cukai Indonesia terhadap barang bawaan penumpang ya *wink*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s