Culinary · Traveling

Mampir di 5 Kedai Kopi Lokal Oslo dan Tromso, Norwegia

Coffee: the favorite drink of the civilized world. – Thomas Jefferson –

Saat berkunjung ke suatu negara, selain menyempatkan diri mencicipi kuliner lokal, mampir ke kedai kopi juga jadi salah satu yang sayang untuk dilewatkan. Begitu pula saat di Norwegia, walaupun tidak secara khusus mencari kedai kopi tertentu, tetapi kedai kopi lokal yang aku temui sepanjang rute perjalanan, semuanya enak!

Norwegia memang terkenal sebagai negara yang ‘rakus’ kopi, konsumsi kopi per kapitanya 13 kg per tahun, jauh dibandingkan Indonesia yang merupakan negara penghasil kopi, konsumsi  kopi per kapita hanya 1.5 kg per tahun. Tidak mengherankan memang, karena kopi sudah sejak lama menjadi gaya hidup di Norwegia, istilahnya Nordic Coffee Culture. Umumnya orang Norwegia minumnya bica atau kita kenal dengan espresso, saat pagi, siang, makan malam atau kapan saja.

  1. Kaffebønna, Tromso

Kedai kopi ini telah melayani konsumennya sejak tahun 1998. Dengan suplai kopi berkualitas dari Solberg & Hansen, Tim Wendelboe dan Kaffa, cita rasa aneka varian kopi disini emang sangat memuaskan. Favoritku adalah Mocha Latte yang enaakk banget.

DSC04005

 

DSC04023-01

Selain kopi ditemani dessert, pastry dan roti yang enak, lokasi di cabang Strandtorget juga nyaman untuk nongkrong sambil melepas pandangan ke arah tepi laut, atau sambil menunggu bus yang akan menuju ke Fjellheisen, salah satu lokasi favorit hunting Aurora di malam hari.

www.kaffebonna.no

2. Fjellstua Restaurant, Tromso

Sejatinya tempat ini adalah resto, bagian dari fasilitas di Fjellheisen. Selain melayani tamu yang fine dining, kita juga bisa ke bagian small coffee shop di salah satu sisi resto untuk memesan aneka kopi, teh, minuman ringan dan dessert, baik untuk makan di tempat atau take away.

DSC03835-01

DSC03825-01

Duduk ngopi disini jadi penyelamat saat udah kedinginan diluar menanti Aurora muncul. Dari resto ini juga kita bisa menikmati pemandangan kota Tromso dari ketinggian 421 meter diatas permukaan laut. Cappuccino, hot chocolate dan pancake-nya yang fluffy banget jadi favorit aku selama bolak-balik hunting Aurora di Fjellheisen.

https://fjellheisen.no/

3. Café Globus, Tromso

Kafe ini jaraknya dekat sekali dari tempat kami menginap, Viking Apartments. Jika kamu mencari satu tempat yang nyaman untuk makan dengan menu internasional bahkan vegetarian, tak ketinggalan kopi yang strong dan cake tradisional Norwegia, kafe ini layak dicoba.

DSC04096-01

DSC04089

Disini pertama kali aku mencoba menu kopi bernama Cortado, varian menu kopi paling strong yang pernah aku cicipi selain espresso.

http://www.globuskafe.no/

4. Kafe Vigeland, Oslo

Kafe ini lokasi di bagian dalam dekat pintu utama The Vigeland Park, salah satu pusat wisata di kota Oslo dengan fasilitas terdiri dari taman, danau, museum dan yang paling terkenal adalah patung-patung hasil karya Gustav Vigeland.

Disini aku nyobain hot chocolate atau varm sjokolade, sementara temenku Mpi memesan kopi yang diracik customize sesuai permintaannya, susu sapi diganti soy milk dan takaran kopinya tidak terlalu strong. Menurut cerita Mpi yang udah setahun lebih kuliah di Swedia, adalah awam di kedai kopi negara-negara Scandinavia jika pelanggan meminta kopi yang diracik khusus, tidak terpaku pada daftar menu saja, dan barista dengan senang hati menunjukkan keahlian dan style-nya meracik kopi yang customize.

download
http://www.visitoslo.no

Disini, selain bisa ngopi sambil menikmati suasana taman, kita juga bisa memilih menu makanan ringan hingga berat, dan juga membeli oleh-oleh yang dijual didalam kafe.

http://www.kafevigeland.no/

5. Espresso House, Oslo

Kita bisa dengan mudah menemukan kedai kopi ini di setiap sudut kota Oslo. Jaringan kedai kopi yang pertama kali berdiri di kota Lund, Swedia tahun 1996, kini telah berkembang sangat luas di negara Scandinavia seperti Swedia, Norwegia, Finlandia dan Denmark.

19748643_1371654342887988_8500433468680521988_n
http://www.facebook.com/espresso-house-norge-as

https://no.espressohouse.com/

 

Masih banyak kedai kopi lokal yang layak untuk dicoba jika menjelajahi Norwegia. As for me, Solberg & Hansen, Kaffa serta Tim Wendelboe sudah masuk dalam list untuk disambangi pada kunjungan berikutnya ke Norwegia.

DSC03994-01

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s