Culinary · Traveling

Menikmati Carrot Cake Enak di Bali

Menilik sejarahnya, carrot cake ini telah dikenal di dataran Eropa sejak 1892, terutama di negara Swiss. Di pertengahan abad 19 popularitas carrot cake pun mulai di kenal masyarakat Inggris Raya. Sementara di Amerika Serikat, carrot cake baru dikenal dan mudah ditemukan di restoran dan kafe-kafe pada awal 1960-an.

Saat ini, carrot cake sudah dapat ditemui di banyak negara di dunia, termasuk Indonesia. Variannya juga cukup banyak karena tidak sedikit yang memodifikasi cake ini dengan bahan baku lainnya. Carrot cake pun kembali populer beberapa tahun terakhir, terutama seiring maraknya tren makanan sehat.

Cake ini memanfaatkan rasa manis dari wortel, sehingga dapat mengurangi jumlah gula yang dibutuhkan dalam proses pembuatannya. Hanya saja, teksturnya agak lebih kasar dibandingkan cake biasa, karena adanya parutan wortel yang dimasukkan ke dalam adonan cake. Cake yang dihasilkan lebih lembab namun padat dengan rasa manis alami dari wortel yang juga membedakannya dengan cake lain.

Saat traveling ke Bali, saya tidak melewatkan kesempatan mencoba carrot cake di 2 tempat kuliner yang berbeda.

BIKU BALI

Carrot cake disajikan dengan tekstur yang agak padat dan lebih lembab dari sponge cake, disempurnakan dengan satu layer cream cheese frosting pada bagian atas cake.

Aroma kayu manis menyeruak sejak pertama kali piring potongan cake ini disajikan diatas meja. Ada sensasi tekstur yang berbeda ketika cake ini menyentuh lidah, yaitu paduan cacahan kacang dan parutan wortel. Saking penasaran sama cacahan kacang ini, saya sampai beberapa kali “membongkar” bagian cake dengan sendok, sampai terlihat jelas potongan kacangnya, seperti campuran walnut/pistachio/almond.

Bagi yang gak terlalu suka manis, bagian cream cheese frosting cake ini mungkin jadi bagian yang “not my favorite” karena terasa agak manis, dimana ekspektasi saya rasanya cukup cheesy-creamy aja agar balance sama rasa manis dari cake-nya.

Alamat: Jalan Petitenget No.888 Seminyak, Kerobokan Kelod, Kuta Utara, Bali 80361

PISON COFFEE

Niat awal kesini buat makan siang dan ngopi, eh ternyata ada carrot cake, jadi sekalian deh nyobain.

Tekstur cake tidak terlalu padat dengan 3 layer cream cheese dan taburan cacahan kacang di bagian atas cake. Eh ternyata pas suapan pertama cake, terasa tekstur cacahan kacang. Walaupun cake ini dilapisi dengan 3 layer cream cheese, karena cream cheese rasanya gak manis, jadi balance dengan cake-nya yang udah manis dan cita rasa cheese terasa pas.

Rasa kayu manis juga terasa light, jadi buat yang kurang suka dengan cita rasa kayu manis, cake ini masih eat-able kok.

Alamat: Petitenget Street No.19A, Kerobokan Kelod, North Kuta, Badung Regency, Bali 80361

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s