Family & Friends

BELI ASURANSI = BELI PERLINDUNGAN DAN KEAMANAN

Salah satu bagian penting dalam perencanaan keuangan adalah manajemen risiko. Risiko itu tidak dapat dihilangkan, tetapi risiko dapat dikelola. Tentunya dikelola untuk dapat dikurangi dampak negatifnya atau solusi jika sampai risiko tersebut terjadi dan menimbulkan kerugian. Salah satu cara mengelola risiko adalah dengan memindahkan atau transfer risiko dengan asuransi.

Insurance – an ingenious modern game of chance in which the player is permitted to enjoy the comfortable conviction that he is beating the man who keeps the table.

Ambrose Bierce

Mengapa seseorang membeli asuransi? Tujuannya, jika terjadi risiko yang menimbulkan kerugian secara finansial, maka kerugian tersebut akan ditanggung oleh perusahaan asuransi. Disini penting untuk dipahami bahwa ketika memutuskan membeli produk asuransi, artinya Anda mengeluarkan biaya untuk membayar premi asuransi, yang nilainya sesuai dengan manfaat atas profil risiko Anda.

Di Indonesia, secara umum dikenal 2 jenis asuransi, yaitu asuransi umum dan asuransi jiwa.

Kesalahan yang sering dilakukan masyarakat atau nasabah yang membeli asuransi adalah:

  1. Tidak memahami prinsip dasar asuransi sebagai perlindungan.
  2. Tidak tahu apa yang dibutuhkan, sehingga salah membeli produk.
  3. Biasanya nasabah malas membaca polis asuransi, padahal di dalam polis sudah jelas informasinya.
  4. Kesulitan klaim karena tidak tahu cara untuk mengajukan klaim.
  5. Beli asuransi karena tidak enak sama agen atau orang yang sudah menawari.

Jadi apa saja yang perlu dilakukan untuk dapat memiliki perlindungan yang sesuai?

  1. Beli asuransi kesehatan murni dan asuransi jiwa murni
  2. Pastikan kebutuhan Anda, misalnya jika di masa yang akan datang kita mengalami risiko kesehatan atau sakit, kemungkinan pengobatan dan layanan kesehatan apa saja yang kita butuhkan, kelas kamar tipe apa jika rawat inap. Jika kita adalah pencari nafkah di keluarga, jika suatu saat Anda mengalami risiko kematian, bagimana caranya agar anggota keluarga yang bergantung finansial pada Anda tetap terjamin biaya hidupnya.
  3. Jika Anda membutuhkan beberapa asuransi, misal asuransi jiwa dan kesehatan, maka Anda perlu melakukan prioritas. Beli asuransi yang memang sesuai dengan kebutuhan dan prioritas yang paling utama. Sesuikan premi dengan budget yang Anda miliki.
  4. Untuk asuransi kesehatan, pilih produk dengan manfaat yang paling sesuai dengan profil risiko kesehatan Anda
  5. Untuk asuransi jiwa, hitung uang pertanggungan yang dibutuhkan. Pastikan uang pertanggungan sesuai dengan kebutuhan Anda.
  6. Begitu Anda mendapatkan polis asuransi, langsung baca. Terutama pada manafaat asuransi, definisi asuransi, apa saja yang menyebabkan perlindungan dibatalkan.
  7. Ketahui juga prosedur dan cara klaim. Contoh ketahui prosedur yang harus diurus jika Anda masuk rumah sakit. Selain itu kenali juga prosedur untuk mengurus klaim, baik cara tradisional maupun cara digital (e-claim).

Kenapa disarankan membeli asuransi kesehatan murni dan asuransi jiwa murni? Karena yang paling sesuai dengan tujuan perlindungan atas risiko kesehatan dan kematian.

Sampai tulisan ini dibuat, beberapa perusahaan yang masih menjual produk asuransi murni antara lain Manulife (Pro Active Plus 20 untuk asuransi jiwa dan MiUltimate Healthcare untuk asuransi kesehatan), Sunlife (Term Life 20 untuk asuransi jiwa), AXA (AXA MOC untuk asuransi kesehatan) dan Sinarmas (SMiLE Medical M1000 dan SMiLE Medical N1000 untuk asuransi kesehatan).

infografik
https://istiana.sutanti.com/infografik/

Kenapa asuransi campuran (yang menawarkan perlindungan dan investasi) tidak disarankan? Karena tujuan keuangannya berbeda antara asuransi dan investasi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s